Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Cara Membuat Website Sekolah dengan HTML Sederhana

Cara Membuat Website Sekolah dengan HTML - Pertumbuhan teknologi informasi saat ini ini khususnya teknologi internet, banyak sekali potensi sumber energi yang bisa di manfaatkan.

Cara Membuat Website Sekolah dengan HTML

Para pengguna internet saat ini ini kerap melaksanakan perncarian ilmu pengetahuan ataupun kebutuhan belanja ada memanfaatkan internet.

Salah satu bentuk pemanfaatannya yaitu dengan pembuatan website sekolah dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai.

Cara Membuat Website Sekolah dengan HTML

Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam membuat website sekolah. Atau lebih tepatnya banyak CMS (Content Management System) yang sering dipakai.

Misalnya dengan platform WordPress, Blogger, Laravel, CodeIgniter, dan aplikasi native lainnya. Tentu saja masing-masing memiliki nilai plus dan minusnya.

Sebagai contoh apabila menggunakan platform WordPress maka Anda diwajibkan untuk memiliki hosting terlebih dahulu. Sebaliknya jika memakai Blogger, Anda tidak memerlukan hosting.

Cara Membuat Website Sekolah dengan HTML

Adapun metode yang akan kita pelajari kali ini yaitu cara membuat website sekolah dengan HTML dan CSS saja. Artinya kita tidak akan menggunakan paltform yang telah disebutkan tadi. Cara ini cukup simple karena kita hanya memerlukan 3 langkah saja.

Selain itu kode HTML dan CSS yang akan digunakan pun sudah ada, tinggal Anda edit sesuai dengan data sekolah yang akan dibuatkan website nya.

Oke langsung saja, simak bagaimana cara membuat website sekolah dengan HTML. Sebelumnya persiapkan dulu tools yang akan digunakan, yaitu:

  • Laptop/PC/Komputer, 
  • Aplikasi Text Editor (Notepad, Notepad ++, Sublime Text, dll) 
  • Secangkir Kopi (kurang lengkap rasanya tanpa kopi)

Langkah pertama yaitu membuat file index.html

Hal ini sangat mudah dilakukan, Anda cukup membukan aplikasi text editor yang Anda miliki kemudian copy-paste code berikut ini ke dalamnya. Lalu save as dengan nama file index.html.

KODE INDEX.HTML

Langkah kedua adalah membuat file style.css

Caranya yaitu dengan membuka aplikasi teks editor kembali kemudian copy-paste kode berikut ini lalu save as dengan nama style.css

KODE STYLE.CSS

Langkah ketiga yaitu membuat folder asset.

Folder asset ini berisi kumpulan image dan video yang akan digunakan. Biasanya kita beri nama foldernya “img”.

ASSET IMG

Langkah terakhir adalah pemasangan file.

cara membuat website sekolah dengan HTML yang terakhir adalah pemasangan file. Caranya dengan membuat sebuah folder namanya bebas (bisa nama sekolah) lalu masukkan file index, file style, dan folder img tadi ke dalam folder ini. Maka akan tampak seperti gambar berikut.

Cara Membuat Website Sekolah dengan HTML

Jika berhasil mengikuti panduan tersebut, maka Anda akan melihat web sekolah dengan tampilan simple dan sangat sederhana ketika Anda membuka file index.html. 

DEMO WEBSITE

Manfaat Website Sekolah

Saat ini, pentingnya web untuk sekolah tidak hanya semata- mata fasiltas untuk dunia pembelajaran serta memperoleh informasi terkini terkait pendidikan terutama negara indonesia. Tetapi juga dapat memberi kesan yang baik serta profesionalisme buat sekolah.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya website sekolah

Manfaat website sekolah untuk tenaga pendidik

  1. Sekolah memiliki informasi informasi profil siswa yang akurat
  2. Membatu siswa dalam berkreasi
  3. Menunjukkan profil sekolah yang update
  4. Terjalinnya Interaksi antar siswa serta guru yang tidak terbatas pada ruang serta waktu
  5. Mengenalkan profil sekolah secara universal bahkan dunia
  6. Sediakan fasilitas belajar untuk siswa yang tidak terbatas pada ruang dan waktu

Manfaat Website Sekolah Untuk Masyarakat

  1. Warga bisa mengakases informasi– informasi tentang sekolah tanpa mesti datang ke sekolah
  2. Melihat perkembangan serta kemajuan sekolah
  3. Mengamati kegiatan- kegiatan sekolah
  4. Dapat dijadikan referensi buat memilih sekolah yang betul- betul berkualitas

Manfaat Webiste Sekolah Untuk siswa

  1. Melihat Informasi terkini dari sekolah
  2. Mengakses modul pelajaran yang terdapat di sekolah dan tidak terbatas
  3. Bejalar tes pengerjaan soal– soal pelajaran buat mengasah kemampuan
  4. Memiliki tempat untuk menyalurkan kreasi di web sekolah

Alasan Sekolah Wajib Memiliki Website

Cara Membuat Website Sekolah dengan HTML

Berikut beberapa alasan kenapa suatu sekolah wajib memiliki web sebagai fasilitas penunjang:

Media Informasi

Penyampaian informasi dengan metode online memanglah senantiasa cepat dibandingkan penyampaian informasi dengan metode offline. Hal ini juga di dukung dengan teknologi smartphone yang dapat mengakses informasi secra online dengan sangat cepat. 

Maka dari itu web sekolah sangat efisien serta efektif buat penyampaian informasi buat siswa ataupun orang tua. Dengan web sekolah orang tua juga dapat memperoleh informasi memilih sekolah yang sesuai.

Media Promosi sekolah

Setiap Tahunnya senantiasa saja terdapat peningkatan sekolah, baik sekolah swasta serta negeri. Hal itu bertujuan biar anak indonesia tersentuh oleh pendidikan resmi. Akan tetapi, Makin bertambahnya sekolah nyatanya pula jadi persaingan sendiri. Karena nyatanya terdapat sekolah yang difavoritkan, sehingga nantinya calon siswa berlomba buat mendaftar di sekolah tersebut. 

Artinya kalau untuk mendapatkan calon siswa, sekolah juga butuh melaksanakan promosi pada publik. Media promosi yang baik yakni web sekolah. Warga modern nyatanya bakal lebih senang mengakses informasi dengan online.

Media Aktualisasi diri

Web yang beperan selaku media penerbitan berbagai macam konten yang nantinya memungkinkan untuk melihat banyak orang. Keadaan inilah yang nantinya bisa dijadikan sebagai ajang buat aktualisasi diri buat para siswa yang berbakat. 

Misalnya pada anak yang suka menulis baik berbentuk cerpen, resensi novel, essai serta yang lain bisa disiapkan kolom tertentu yang memediasi tulisan anak tersebut.

Akhir kata

Demikian tutorial cara membuat website sekolah dengan HTML sederhana beserta dengan manfaatnya. Semoga panduan sederhana tersebut dapat membantu Anda dalam membuat website sekolah.

Administrator
Administrator Media Pendidikan Indonesia | Tempat berbagi media pembelajaran

Posting Komentar untuk "4 Cara Membuat Website Sekolah dengan HTML Sederhana"