Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 dan Kunci Jawaban – Untuk menghadapi penilaian tengah semester genap atau UTS, Media Edukasi akan membagikan latihan soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 semester 2 kurikulum 2013 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Contoh soal Bahasa Indonesia Kelas 9 ini dapat digunakan oleh peserta didik jenjang SMP maupun MTs karena telah sesuai dengan silabus pembelajaran K13.

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Penilaian akhir semester merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan pada akhir semester ganjil tiap tahun pelajaran. Proses penilaian ini dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana pencapaian aspek pengetahuan peserta didik selama satu semester pembelajaran

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2

Berikut pembahasan Soal PTS UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 dan Kunci Jawaban, simak artikel ini.

Pembahasan soal PTS Bahasa Indonesia semester 2 kurikulum 2013 yang dilengkapi kunci jawaban ini sebagai bahan belajar peserta didik khususnya kelas 9.

Semoga dengan mempelajari artikel yang dilengkapi kunci jawaban ini peserta didik akan siap menghadapi ujian dan mendapatkan hasil yang maksimal pada tahun ajaran 2021/2022.

Perhatikan penggalan teks berikut untuk soal no 1 dan 2!

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2

1. Struktur teks tantangan tersebut adalah ....

A. isu-argumen menolak

B. isu-argumen mendukung-argumen menolak

C. isu-argumen menolak-argumen mendukung

D. isu-argumen menolak-argumen mendukung-simpulan

Petunjuk:

Perhatikan dengan baik setiap paragraf yang terdapat dalam teks tersebut! Ingat kembali ciri-ciri struktur teks tantangan!

Pembahasan:

Teks tantangan yang berjudul “Pembangunan Pabrik Garmen di Desa Lambada” hanya memiliki bagian isu dan argumen menolak. Tidak ada bagian simpulan dalam teks berita tersebut.

Bagian isu terdapat pada paragraf 1 dan bagian argumen menolak terdapat pada paragraf 2 s.d 5.

2. Penutup yang paling tepat untuk teks tantangan tersebut adalah ....

A. Edi dan Icih hanya dua dari ratusan warga desa yang tidak setuju dengan pembangunan pabrik di Desa Lambada. Dengan demikian, tidak ada alasan lagi bagi pemerintah untuk melanjutkan pembangunan pembangunan pabrik. Pemeritah harus segera membatalkan proyek ambisius tersebut jika berpihak kepada rakyat.

B. Edi dan Icih merupakan dua orang yang menolak pembangunan pabrik garmen di Desa Lambada. Ratusan warga desa yang lain mendukung adanya pembangunan pabrik tersebut. Mereka berharap dengan adanya pabrik di desa mereka, dapat meningkatkan perekonomian warga.

C. Edi dan Icih seharusnya tidak menolak rencana pembangunan pabrik. Mereka harus mendukung karena dengan dibangunnya pabrik di desa mereka akan banyak warga desa yang terserap mejadi karyawan di pabrik tersebut

D. Masyarakat Desa Lambada menyambut baik rencana pembangunan pabrik garmen di desa mereka. Mereka berharap pemerintah dan investor mau melibatkan mereka menjadi pekerja dalam proyek pembangunan tersebut. Selain itu, warga pun berharap mereka akan dipekerjakan menjadi karyawan di pabrik itu jika kelak pabrik mulai beroperasi.

Petunjuk:

Pilihlah bagian penutup yang sesuai dengan ciri-ciri khusus teks tantangan!

Pembahasan:

Penutup teks tantangan di atas yang paling tepat adalah bagian simpulan/saran, yaitu bagian yang berisi simpulan atau pernyataan yang menegaskan bantahan. Dengan demikian bagian penutup yang paling tepat adalah pilihan jawaban berikut ini.

Edi dan Icih hanya dua dari ratusan warga desa yang tidak setuju dengan pembangunan pabrik di Desa Lambada. Dengan demikian, tidak ada alasan lagi bagi pemerintah untuk melanjutkan pembangunan pembangunan pabrik. Pemeritah harus segera membatalkan proyek ambisius tersebut jika berpihak kepada rakyat.

Perhatikan penggalan teks berikut untuk soal no 3 dan 4!

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2

3. Berdasarkan struktur teksnya, paragraf yang merupakan bagian argumen menentang adalah paragraf nomor ....

A. 3, 4, 5, & 6

B. 2, 3, 4, 5, & 6

C. 1 & 2

D. 7

Petunjuk:

Perhatikan dengan baik setiap paragraf dalam teks tersebut! Setelah itu, tentukan paragraf-paragraf yang mengandung argumen menentang!

Pembahasan:

Argumen menentang adalah bagian dari teks tantangan yang menunjukkan bukti atau alasan atas bantahan terhadap topik yang sedang diperbincangkan. Dengan demikian, paragraf yang menunjukkan argumen menentang adalah paragraf nomor 3, 4, 5, dan 6.

4. Berdasarkan struktur teksnya, paragraf yang merupakan bagian isu atau masalah adalah paragraf nomor ....

A. 1 & 2

B. 1

C. 1, 2, & 3

D. 2 & 3

Petunjuk:

Perhatikan dengan baik setiap paragraf dalam teks tersebut! Setelah itu, tentukan paragraf yang mengandung isu atau masalah!

Pembahasan:

Isu atau masalah merupakan bagian teks yang menyampaikan penjelasan awal tentang topik yang akan dibantah. Dengan demikian, bagian isu atau masalah dalam teks tantangan yang berjudul “Kang Emil Milik Bandung” adalah paragraf nomor 1 & 2.

Perhatikan penggalan teks berikut untuk soal no 5 dan 6!

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2

5. Jika dilihat dari penanda-penanda yang muncul, penggalan teks di atas termasuk ke dalam bagian ....

A. Isu

B. argumen menentang

C. argumen mendukung

D. simpulan

Petunjuk:

Ingat kembali perbedaan antara bagian-bagian dalam struktur teks tantangan! Kemudian tentukan penggalan teks dalam soal berdasarkan penandanya!

Pembahasan:

Dalam penggalan paragraf tersebut, disajikan kalimat sanggahan dan kalimat penolakan yang diikuti dengan alasan-alasan tentang sanggahan dan penolakan tersebut. dengan demikian, penggalan paragraf tersebut tergolong ke dalam bagian argumen menentang.

6. Kalimat yang merupakan kalimat penolakan adalah ....

A. kalimat pertama

B. kalimat kedua

C. kalimat ketiga

D. Kalimat keempat

Petunjuk:

Perhatikan setiap kalimat yang terdapat dalam teks tersebut! Perhatikan juga penanda yang menunjukkan kalimat penolakan!

Pembahasan:

Kalimat penolakan adalah kalimat yang berisi penolakan terhadap suatu hal. Kalimat penolakan ditandai dengan munculnya kata tidak setuju, kurang setuju, tidak sependapat, menolak,ditolak, menentang, dan membantah. Dengan demikian, kalimat yang merupakan kalimat penolakan adalah kalimat pertama.

Warga Kelurahan Sekeloa menolak rencana pembangunan apartemen di wilayahnya.

Perhatikan teks tantangan di bawah ini!

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2

7. Kalimat yang merupakan kalimat sanggahan ditandai dengan nomor ....

A. 4

B. 3

C. 2

D. 1

Petunjuk:

Perhatikan dengan teliti empat kalimat yang diberi nomor! Setelah itu, pilihlah kalimat yang termasuk ke dalam kalimat sanggahan!

Pembahasan:

Kalimat sanggahan adalah kalimat yang mengungkapkan ketidaksetujuan terhadap suatu pembicaraan, masalah, atau kebijakan. Kalimat sanggahan lebih santun dibanding dengan kalimat penolakan. Kalimat sanggahan ditandai dengan munculnya kata kurang sependapat, perlu ditinjau kembali, belum sesuai, sebaiknya, dan kurang tepat. Dengan demikian, kalimat yang merupakan kalimat sanggahan ditandai dengan nomor 4.

Pembangunan lebih baik dikaji ulang!

Perhatikan penggalan teks berikut untuk soal no 8 dan 9!

Perhatikan penggalan teks berikut untuk soal no 3 dan 4!
8. Kalimat yang menunjukkan sebuah sanggahan terdapat pada nomor ....

A. 2 & 5

B. 1, 3, & 4

C. 3 & 4

D. 1

Petunjuk:

Perhatikan dengan teliti empat kalimat yang diberi nomor! Setelah itu, pilihlah kalimat yang termasuk ke dalam kalimat sanggahan!

Pembahasan:

Kalimat sanggahan adalah kalimat yang mengungkapkan ketidaksetujuan terhadap suatu pembicaraan, masalah, atau kebijakan. Kalimat sanggahan lebih santun dibanding dengan kalimat penolakan. Kalimat sanggahan ditandai dengan munculnya kata kurang sependapat, perlu ditinjau kembali, belum sesuai, sebaiknya, dan kurang tepat. Dengan demikian, kalimat yang merupakan kalimat sanggahan ditandai dengan nomor 2 & 5.

(2)Saya kurang sependapat jika Kang Emil dimajukan menjadi gubernur DKI.

(5)Kang Emil sebaiknya tetap menjadi walikota Bandung sampai akhir masa jabatannya.

9. Teks tantangan tersebut bukanlah teks tantangan yang baik karena ....

A. terdapat argumen mendukung wacana yang diangkat Pilihan Jawaban 2

B. terdapat kata-kata yang tidak santun Pilihan Jawaban 3

C. tidak ada bagian isu

D. tidak ada bagian simpulan

Petunjuk:

Perhatikan struktur teks tersebut! Teks tantangan yang baik adalah teks yang memiliki struktur yang lengkap dan sesuai dengan aturan teks tantangan.

Pembahasan:

Teks tantangan yang baik adalah teks yang memiliki struktur yang lengkap, yaitu isu, argumen menolak, dan simpulan. Dalam teks yang berjudul “Jantung Kedua Warga Bandung”, terdapat argumen mendukung yang bukan menjadi ciri teks tantangan, yaitu paragraf keempat. Argumen mendukung biasanya muncul dalam teks diskusi atau teks tanggapan kritis.

Perhatikan penggalan teks berikut ini!

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2

10. Urutan yang tepat dengan struktur teks tantangan adalah ....

A. 3-2-4-1

B. 3-1-2-4

C. 1-2-3-4

D. 2-4-3-1

Petunjuk:

Susunlah teks acak tersebut agar sesuai dengan struktur teks tantangan yang benar!

Pembahasan:

Struktur teks tantangan adalah sebagai berikut.

  • Isu (Masalah) adalah bagian yang berisi isu/masalah yang akan dibantah.
  • Argumen menentang adalah bagian yang berisi rangkaian bukti dan alasan yang akan memperkuat bantahan.
  • Simpulan/saran adalah bagian yang berisi simpulan atau pernyataan yang menegaskan bantahan.

Dengan demikian, urutan teks yang tepat adalah 3-2-4-1.

Akhir Kata

Demikian pembahasan Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 dan Kunci Jawaban yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat buat peserta didik dan bapak ibu guru.

Tags: soal uts bahasa indonesia kelas 9 semester 2, soal pts bahasa indonesia kelas 9 semester 1 2021, soal uts bahasa indonesia kelas 9 semester genap, soal pts bahasa indonesia kelas 9 semester 1 kurikulum 2013, download soal pts bahasa indonesia kelas 9 semester 2, soal uts bahasa indonesia kelas 9 semester 2 kurikulum 2013, soal pts bahasa indonesia kelas 9 semester 2 beserta jawabannya, soal pts bahasa indonesia kelas 9 semester 2 dan kunci jawaban, soal pts bahasa indonesia kelas 9 semester 2, soal pts bahasa indonesia kelas 9 semester 2 k13, soal pts bahasa indonesia kelas 9 semester 2 dan jawabannya, soal pts bahasa indonesia kelas 9 semester 2 2020

Administrator
Administrator Media Pendidikan Indonesia | Tempat berbagi media pembelajaran

Posting Komentar untuk "Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 dan Kunci Jawaban"