Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban – Untuk menghadapi penilaian tengah semester genap atau UTS, Media Edukasi akan membagikan latihan soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Contoh soal Bahasa Indonesia Kelas 8 ini dapat digunakan oleh peserta didik jenjang SMP maupun MTs karena telah sesuai dengan silabus pembelajaran K13.

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Penilaian akhir semester merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan pada akhir semester ganjil tiap tahun pelajaran. Proses penilaian ini dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana pencapaian aspek pengetahuan peserta didik selama satu semester pembelajaran

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2

Berikut pembahasan Soal PTS UTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP MTs Semester 2 dan Kunci Jawaban, simak artikel ini.

Pembahasan soal PTS Bahasa Indonesia semester 2 kurikulum 2013 yang dilengkapi kunci jawaban ini sebagai bahan belajar peserta didik khususnya kelas 8.

Semoga dengan mempelajari artikel yang dilengkapi kunci jawaban ini peserta didik akan siap menghadapi ujian dan mendapatkan hasil yang maksimal pada tahun ajaran 2021/2022.

1. Perhatikan penggalan teks diskusi berikut!

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Jika diinterpretasikan, teks tersebut mengangkat isu tentang …

A. bullying di kalangan pelajar SMP

B. pergaulan remaja

C. korban bullying

D. pelajar yang mengalah

Petunjuk:

Cermati setiap kalimat pada teks tersebut dan perhatikan kohesi leksikalnya.

Penjelasan:

Kohesi leksikal dapat dijadikan cara memahami atau menangkap makna sebuah teks. Teks nomor 1 menggunakan kohesi leksikal dengan mengulang kata bullying beberapa kali. Dengan demikian, yang diulas dalam teks ini adalah tentang bullying.

2. Perhatikan penggalan teks diskusi berikut!

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Berdasarkan teks di atas, dapat dinterpretasikan bahwa penulis berpihak kepada …

A. Budaya Nusantara

B. Budaya Korea

C. Budaya asing

D. Tidak berpihak

Petunjuk:

Cermati kalimat-kalimat pada teks untuk memahami sikap penulis.

Penjelasan:

Teks di atas menginterpretasikan sikap penulis yang tidak memihak kepada budaya Korea. Penulis lebih menitikberatkan kepada budaya Nusantara. Hal itu terungkap dari penggunaan kata kurang pada kalimat Saat ini remaja Indonesia kurang mengenal budaya Nusantara.

3. Perhatikan penggalan teks diskusi berikut!

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Pernyataan teks di atas mengungkapkan makna bahwa …

A. mereka yang kerja keras dan pantang menyerah yang dapat meraih nilai UN tinggi

B. meraih nilai UN tinggi tidaklah mudah

C. seleksi alam akan membuktikan yang menang

D. UN tidak mudah

Petunjuk:

Cermati kalimat-kalimat pada teks tersebut berdasarkan isu atau permasalahan, serta makna yang ingin disampaikan.

Penjelasan:

Gagasan utama atau isu yang dikemukan pada teks di atas adalah tentang meraih nilai tinggi pada Ujian Nasional. Namun, makna atau pesan yang ingin disampaikan adalah mereka yang kerja keras dan pantang menyerah dapat meraih nilai tinggi pada UN.

4. Perhatikan penggalan teks diskusi berikut!

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Teks di atas mengandung makna …

A. manfaat internet

B. penggunaan internet

C. masyarakat Indonesia sudah akrab dengan internet

D. manfaat toko online

Petunjuk:

Pahami makna yang terkandung pada teks di atas.

Penjelasan:

Teks di atas mengungkapkan makna tentang manfaat internet. Dalam teks tersebut dijabarkan berbagai manfaat dan kemudahan yang dihasilkan oleh internet.

5. Di bawah ini yang merupakan teks yang menyatakan setuju dengan penggunaan internet di kalangan remaja adalah …

A. Penggunaan internet di kalangan remaja harus dibatasi. Mereka tidak boleh seenaknya mengakses internet tanpa sepengetahuan orang tua dan guru.

B. Penggunaan internet ya terserah saja, di satu sisi ada manfaatnya bagi remaja. Namun di sisi lain, remaja tetap harus diawasi.

C. Penggunaan internet bagi remaja memiliki nilai positif. Mereka dapat mencari informasi tanpa mengenal batas. Selain itu, mereka pun dapat mengembangkan teknologi informasi melalui internet.

D. Remaja menggunakan internet, wah bisa kacau. Banyak situs-situs yang belum pantas diakses, akan mudah dilihat.

Petunjuk:

Perhatikanlah isi teks, beserta kata atau frase yang menyatakan kesetujuan.

Penjelasan:

Dari keempat pilihan di atas, yang menyatakan setuju atas penggunaan internet di kalangan remaja adalah pernyataan yang menyebutkan nilai posistis. Frase yang mengandung makna setuju adalah nilai positif.

6. Di bawah ini teks yang menyatakan tidak setuju dengan penggunaan ponsel canggih di kalangan remaja adalah …

A. Remaja seharusnya tidak diberikan ponsel yang canggih. Ponsel yang canggih memilki fitur dan teknologi yang lengkap. Namun, karena kecanggihannya itu, remaja mampu mengakses apa pun dengan mudah melalui ponselnya. Karena itu, dikhawatirkan remaja belum bisa memilah informasi yang positif dan negatif bagi dirinya.

B. Ponsel canggih bagi remaja sangat baik. Mereka dapat lebih berkreativitas dengan menggunakan ponselnya. Mereka pun dapat mencari informasi dengan cepat tapa harus repot menggunakan PC.

C. Ponsel canggih diberikan bagi remaja adalah hal yang wajar. Remaja ingin tampil dengan peralatan terbaru dan canggih.

D. Memiliki ponsel canggih bagi remaja, dan nilai positif dan negatifnya. Tergantung bagaimana pemakaian si remaja itu sendiri.

Petunjuk:

Cermati setiap teks. Perhatikan modalitas dan kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan.

Penjelasan:

A. Remaja seharusnya tidak diberikan ponsel yang canggih. Ponsel yang canggih memilki fitur dan teknologi yang lengkap. Namun, karena kecanggihannya itu, remaja mampu mengakses apa pun dengan mudah melalui ponselnya. Karena itu, dikhawatirkan remaja belum bisa memilah informasi yang positif dan negatif bagi dirinya. Teks tersebut yang menyatakan tidak setuju dengan penggunan ponsel di kalangan remaja. Teks itu dibuktikan dengan penggunaan modalitas seharusnya. Kata seharusnya mengandung makna hal yang wajib untuk dipatuhi. Selain itu, kalimat yang menyatakan tidak setuju tergambar pada kalimat: Remaja seharusnya tidak diberikan ponsel yang canggih

7. Perhatikan penggalan teks diskusi berikut!

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Berdasarkan teks di atas, kalimat yang menyatakan makna perlawanan terhadap peraturan sekolah dan kepolisian adalah …

A. 1

B. 2

C. 4

D. 5

Petunjuk:

Cermati teks tersebut, dan perhatikanlah penggunaan konjungsi perlawanan pada teks di atas.

Penjelasan:

Teks di atas menyatakan ketidaksetujuan terhadap para remaja yang menggunakan kendaraan bermotor karena dikhawatirkan tidak bisa mengendalikan emosi. Namun mereka tidak mengindahkan aturan sekolah dan kepolisian. Kata yang mengacu pada tidak mengindahkan adalah penggunaan konjungsi perlawanan akan tetapi pada kalimat nomor 5.

8. Perhatikan penggalan teks diskusi berikut!

Banyak kasus bullying sudah terjadi. Hal ini sungguh sudah sangat memprihatinkan. Pihak sekolah dan pemerintah harus segera mengatasi masalah bullying ini. Karena bisa jadi kasus bullying di kalangan pelajar menjadi cikal bakal hancurnya generasi mendatang bangsa ini.

Isi teks di atas merupakan pernyataan …

A. argumen tidak mendukung

B. argumen mendukung

C. kesimpulan

D. isu

Petunjuk:

Cermati isi teks dengan menggunakan perangkat modalitas.

Penjelasan:

Isi teks pada soal nomor 2 merupakan pernyataan argumen tidak mendukung bullying. Argumen itu dibuktikan dengan penggunaan modalitas berupa kata harus dan sangat memprihatinkan. Kata harus bermakna mewajibkan dan memaksa pihak lain untuk segera melakukan tindakan. Kata sangat menyatakan perasaan penulis untuk mengungkapkan keprihatinannya terhadap kasus bullying.

9. Di bawah ini yang menyatakan makna menyimpulkan dari berbagai argumen adalah .…

A. Narkoba sudah merajalela. Saat ini Indonesia perang dengan narkoba. Kepolisan pun tidak tanggung-tanggung dalam memerangi narkoba. Mereka menggerebek gudang dan sarang pengguna narkoba.

B. “Demam Korea” di kalangan remaja Indonesia memiliki nilai positif. Mereka menjadi lebih kreatif dalam menciptakan budaya di kalangan remaja, terutama fashion. Banyak desain baju dan potongan rambut mengikuti bintang film Korea.

C. “Demam Korea” di kalangan remaja Indonesia memiliki nilai negatif. Mereka menjadi lupa dengan budayanya sendiri. Mereka bahkan seperti asing dengan budaya aslinya.

D. Penggunaan internet di kalangan remaja memiliki nilai positif dan negatif. Nilai positifnya, para remaja dapat mengakses berbagai pengetahuan demi untuk meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Sisi negatifnya, mereka dapat mengakses situs-situs porno yang merusak otak para remaja itu sendiri. Karena itu, perlu kiranya, orang tua di rumah dapat mengawasi penggunaan internet. Selain itu, pemerintah pun ikut serta membuat aturan yang ketat terhadap situs-situs yang beredar di dunia maya.

Petunjuk:

Cermati teks mana yang memiliki makna paling luas.

Penjelasan:

Teks yang mengandung makna menyimpulkan adalah yang menjelaskan.

Karena pada teks tersebut dijabarkan nilai positif dan negatif penggunaan internet. Artinya, penulis tidak memihak kepada kelompok yang menyatakan setuju dan tidak setuju.

10. Perhatikan penggalan teks diskusi berikut!

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Kekurangan yang terdapat dalam penggalan teks di atas adalah ....

A. Harus ada koma setelah kata menganggap

B. Tidak boleh ada koma setelah konjungsi selain itu

C. Tidak boleh ada koma setelah kata mereka

D. Tidak boleh ada koma setelah kata mendidik

Petunjuk:

Carilah konjungsi yang boleh dan tidak boleh diikuti tanda koma.

Penjelasan:

Koma setelah kata kekerasan harus dihilangkan sebab konjungsi sehingga tidak boleh diawali koma kecuali jika sebelum sehingga terdapat keterangan sisipan.

Sementara itu, setelah kata menganggap pun tidak boleh ada koma sebab antara predikat dengan objek tidak boleh dipisahkan oleh koma kecuali jika terdapat keterangan sisipan. Setelah konjungsi selain itu justru harus ada koma sebab merupakan konjungsi antarkalimat, dan setelah kata mereka harus ada koma karena merupakan keterangan sisipan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat buat peserta didik dan bapak ibu guru.

Tags:

soal uts bahasa indonesia Kelas 8 semester 2, soal pts bahasa indonesia Kelas 8 semester 1 2021, soal uts bahasa indonesia Kelas 8 semester genap, soal pts bahasa indonesia Kelas 8 semester 1 kurikulum 2013, download soal pts bahasa indonesia Kelas 8 semester 2, soal uts bahasa indonesia Kelas 8 semester 2 kurikulum 2013, soal pts bahasa indonesia Kelas 8 semester 2 beserta jawabannya, soal pts bahasa indonesia Kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban, soal pts bahasa indonesia Kelas 8 semester 2, soal pts bahasa indonesia Kelas 8 semester 2 k13, soal pts bahasa indonesia Kelas 8 semester 2 dan jawabannya, soal pts bahasa indonesia Kelas 8 semester 2 2020

Administrator
Administrator Media Pendidikan Indonesia | Tempat berbagi media pembelajaran

Posting Komentar untuk "Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban"