Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Modul PJJ Bahasa Indonesia SMP Semester Ganjil

Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 Semester Ganjil ini disusun oleh Direktorat SMP Kemendikbud sebagai bahan pembelajaran jarak jauh jenjang SMP di masa pandemi Covid 19. Modul PJJ Bahasa Indonesia ini merupakan bahan ajar berseri yang dirancang untuk dapat digunakan dalam belajar mandiri. Modul ini akan membantu dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi yang dituju secara mandiri.

Modul PJJ Bahasa Indonesia SMP Semester Ganjil

Unsur Pokok Modul PJJ Bahasa Indonesia SMP Semester Ganjil

Sebagai bahan ajar, unsur­unsur pokok modul ini terdiri atas 

Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran menjadi sasaran penguasaan kompetensi yang dituju dalam belajar. 

Aktivitas pembelajaran

Aktivitas pembelajaran berupa aktivitas­aktivitas yang Peserta didik akan lakukan agar memperoleh pengalaman­pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Aktivitas pembelajaran dalam modul ini berpusat pada diri Peserta didik, bukan pada guru maupun materi ajar. Artinya, Peserta didik merupakan subjek yang aktif dan bertanggung jawab dalam pembelajaran Peserta didik sendiri sesuai dengan kecepatan belajar Peserta didik.

Evaluasi

Evaluasi ialah proses penentuan kesesuaian antara proses dan hasil belajar dengan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, evaluasi bertujuan untuk memberikan latihan sekaligus mengukur tingkat ketercapaian kompetensi yang Peserta didik peroleh sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada bagian awal modul.

Modul ini menggunakan pendekatan belajar tuntas. Dalam hal ini Peserta didik harus mencapai tingkat ketuntasan kompetensi tertentu sebelum Peserta didik melanjutkan untuk pencapaian kompetensi selanjutnya pada modul berikutnya.

Modul PJJ Bahasa Indonesia SMP Semester Ganjil

Belajar mandiri ialah proses belajar aktif yang Peserta didik akan lakukan dengan menggunakan modul ini. Dalam belajar aktif tersebut dibutuhkan dorongan niat atau motif Peserta didik untuk menguasai kompetensi yang telah ditetapkan pada bagian awal modul. Sasaran utama dalam belajar mandiri tersebutialah Peserta didik dapat memperoleh kompetensi yang telah ditetapkan serta memperoleh kemandirian dalam belajar.

Strategi pembelajaran dalam modul ini memfasilitasi pengalaman belajar bermakna. Selain memperoleh kompetensi utama, yaitu kompetensi yang ditetapkan pada tujuan pembelajaran, Peserta didik juga akan memperoleh pengalaman belajar terkait dengan pengembangan karakter, literasi, berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi efektif.

Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas VII Semester Ganjil

Modul pembelajaran jarak jauh kelas 7 semester ganjil ini hanya terdiri dari 3 bab. Hal ini berbeda dengan materi dalam keadaan pembelajaran tatap muka secara normal. Tentu saja karena modul PJJ ini telah disesuaikan dengan kurikulum khusus kondisi darurat covid 19. 

Adapun ketiga bab tersebut yaitu: 

  1. Terampil menelaah struktur, kebahasaan, dan menulis teks deskripsi
  2. Menulis kreatif cerita imajinasi
  3. Mengidentifikasi teks prosedur

Anda dapat mendapatkan file Modul PJJ Bahasa Indonesia kelas 7 semester ganjil melalui tautan berikut ini.

Link Download Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil [DISINI]

Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester Ganjil

Pada Modul PJJ Kelas 8 materi bahasa indonesia hanya berisi 2 bab materi saja. Ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan materi pada modul kelas 7. Adapun ke 2 bab materi tersebut adalah:

  1. Berkreasi dan menginspirasi melalui iklan, slogan, atau poster
  2. Menguak fenomena alam melalui eksplanasi

Anda dapat mendapatkan file Modul PJJ Bahasa Indonesia kelas 8 semester ganjil melalui tautan berikut ini.

Link Download Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Ganjil [DISINI]

Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas IX Semester Ganjil

Modul PJJ kelas 9 bahasa indonesia terdiri dari 2 bab materi yaitu Memikat Dengan Pidato Persuasif dan Menuangkan Kreatifitas Melalui Cerita Pendek.

Anda dapat mendapatkan file Modul PJJ Bahasa Indonesia kelas 9 semester ganjil melalui tautan berikut ini.

Link Download Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas IX Semester Ganjil [DISINI]

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Modul PJJ Bahasa Indonesia SMP Semester Ganjil kelas 7 8 dan 9 yang dapat kami bagikan. Semoga membantu guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kita dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka secara normal kembali.

Administrator
Administrator Media Pendidikan Indonesia | Tempat berbagi media pembelajaran

Posting Komentar untuk "Modul PJJ Bahasa Indonesia SMP Semester Ganjil"