Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Buku Panduan Pembina Pramuka Penggalang

Buku Panduan Pembina Pramuka Penggalang – Kali ini blog Media Edukasi akan membagikan informasi terkait dengan panduan pembina pramuka penggalang. Jika Anda sedang mencari referensi terkait dengan materi pramuka penggalang, maka silahkan simak penjelasan pada postingan ini sampai selesai.

Buku Panduan Pembina Pramuka Penggalang
Buku Panduan Pembina Pramuka Penggalang

Buku Panduan Pembina Pramuka Penggalang yang terdiri dari buku panduan pramuka penggalang pdf, buku panduan pramuka pdf, dan struktur organisasi pramuka akan kami bagikan secara gratis.

Pembina Pramuka Penggalang

Dalam era informasi dan globalisasi kegiatan Pramuka merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam mendidik Adik-adik kita sebagai kader bangsa di masa depan yang cerdas, terampil, tangguh dan berakhlak yang baik sebagai mana tertera dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Pramuka merupakan pendidikan nonformal- yaitu pendidikan yang dilakukan di luar sekolah, menantang, menyenangkan, kreatif dan inovatif untuk membentuk generasi muda yang berkepribadian yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tinggi moral dan tinggi keterampilannya.

Sesuai dengan tingkatannya, pembina pramuka dibedakan sesuai dengan tingkatan mulai dari pramuka siaga, pramuka penggalang, dan pramuka pandega.

Buku Panduan Pembina Pramuka Penggalang

Dalam proses pendidikan dan latihan pramuka ini tentu diperlukan buku panduan agar tidak keluar dari metode kepramukaan yang sudah digariskan oleh sistem pendidikan kepramukaan yang ada berdasarkan AD dan ART Gerakan Pramuka.

Buku Panduan Pramuka ini disusun berdasarkan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) dan pengalaman-pengalaman penulis semasa mengikuti latihan dari tingkat penggalang sampai Pembina Mahir dengan tujuan agar adanya regenerasi yang berkelanjutan. Buku panduan ini dapat dijadikan dasar pengajaran bagi Pembina Pramuka dan Asisten Pembina Pramuka dalam mendidik dan latihan di pangkalan masing-masing.

Buku Panduan Pembina Pramuka Penggalang setidaknya harus memuat materi tentang:

PENGETAHUAN DASAR KEPRAMUKAAN

  1. Kiasan Dasar
  2. Sistem Among
  3. Kode kehormatan
  4. Visi dan Mimi Gerakan Paramuka
  5. Pokok-Pokok Penjelasan dan penjabaran Dasa Dharma Pramuka

PENGETAHUAN UMUM KEPRAMUKAAN

  1. Lambang Gerakan Pramuka
  2. Sejarah Kepramukaan Dunia
  3. Sejarah Kepramukaan Indonesia
  4. Sejarah Bendera Merah Putih
  5. Sejarah Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya”
  6. Salam Pramuka

PENGETAHUAN TEKNIK KEPRAMUKAAN

  1. Peta Panorama
  2. Berkemah Yang Baik

Download Buku Panduan Pembina Pramuka Penggalang

Bagi Anda yang menginginkan referensi pandua pembina pramuka penggalang dapat mengunduhnya melalui tautan berikut ini.

Demikian informasi terkait dengan Buku Panduan Pembina Pramuka Penggalang yang dapat kami bagikan. Semoga memberikan manfaat buat gerakan pramuka terutama bagi para pembina pramuka yang ada di tiap wilayah baik ranting maupun cabang.

Administrator
Administrator Media Pendidikan Indonesia | Tempat berbagi media pembelajaran

Posting Komentar untuk "Download Buku Panduan Pembina Pramuka Penggalang"