Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Buku Tematik Kelas 2 Semester 2 Revisi 2018 Terbaru

Buku Tematik Kelas 2 Semester 2  Revisi 2018 merupakan buku panduan materi pembelajaran revisi terbaru untuk Kelas 2 Semester 2  SD MI. Buku tematik ini terbagi menjadi dua yaitu buku guru dan buku siswa. Buku guru menjadi buku panduan guru dalam memberikan materi pembelajaran. Buku siswa merupakan buku pegangan peserta didik sehari-hari. Baca juga: Buku Tematik Kelas 2 Semester 1

Buku Tematik Kelas 2 Semester 2
Buku Tematik Kelas 2 Semester 2

Buku ini diterbitkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan telah mengalami beberapa kali revisi. Revisi terakhir buku tematik Kelas 2 Semester 2  yaitu pada tahun 2018. Sehingga buku yang kami bagikan ini merupakan versi terbaru.

Buku Tematik Kelas 2 Semester 2  Revisi Terbaru Pdf

Di abad ke 20 ini, hampir semua masyarakat telah memiliki smartphone yang digunakan untuk menunjang aktivitas. Penelitian mengungkapkan fakta bahwa sejak kemunculan smartphone berbanding terbalik dengan minat baca masyarakat, khususnya peserta didik.

Mereka lebih betah berlama-lama menatap layar handphone daripada membaca buku. Akibatnya perpustakaan banyak yang menjadi lowong dan berdebu akibat jarang dikunjungi.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan minat baca peserta didik yaitu dengan memasukkan bacaan tersebut ke dalam smartphone mereka. Kita memberikan buku pelajaran mereka dalam bentuk soft file pdf. Dengan begitu, smartphone mereka bisa menjadi pepustakaan mini.

Oleh karena itu, kami akan membagikan buku tematik Kelas 2 Semester 2  revisi 2018 dalam bentuk pdf.

Buku Siswa Tematik Kelas 2 Semester 2  Revisi 2018

Buku siswa tematik Kelas 2 Semester 2  revisi 2018 berikut terdiri dari  subtema yaitu Tema 1 Hidup Rukun, Tema 2 Bermain di Lingkunganku, Tema 3 Tugasku Sehari-hari, dan Tema 4 Lingkunganku Bersih dan Sehat.

Buku teks yang berbasis aktivitas ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan yang sangat mengedepankan pada pencapaian kompetensi siswa sesuai standar kelulusan yang ditetapkan. 

buku tematik siswa kelas 2 semester 2

Buku ini disusun dengan mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Kemudian, dirumuskan juga proses pembelajaran dan penilaian untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. 

Proses pembelajaran dirancang berbasis aktivitas dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Buku ini mengarahkan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu.

Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia di sekitarnya. Peran dan kreativitas guru sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam buku ini. Guru dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan berbagai bentuk kegiatan lain bersumber dari buku-buku dan media pembelajaran yang ada di sekolah.

Keunggulan Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas II

  1. Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.
  3. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  4. Buku semester 2 ini terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 4 subtema. Tiap subtema diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Penjelasan lebih rinci tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Panduan Guru.
  5. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin memuat pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan.
  6. Muatan aktivitas siswa dalam buku ini mencakup 4 kompetensi inti dan memuat 3 ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  7. Buku ini bersifat serba mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  8. Di setiap akhir pembelajaran terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul Kerja sama dengan Orang Tua. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan orang tua bersama siswa. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat aktif dalam aktivitas belajar siswa.
  9. Kecuali sangat sedikit teks pelajaran membaca yang merupakan konsumsi siswa, wacana-wacana yang ada di buku siswa diperuntukkan bagi guru, bukan siswa.
  10. Pada setiap akhir subtema terdapat lembar refleksi diri dengan icon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.
  11. Lembar penilaian merupakan bagian akhir subtema yang dapat digunakan sebagai alat penilaian pencapaian kompetensi. Namun, guru dapat mengembangkan alat penilaian sendiri sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Buku Guru Tematik Kelas 2 Semester 2  Revisi 2018 Terbaru

Sepaket dengan buku siswa, buku guru Kelas 2 Semester 2  revisi 2018 juga terdiri dari 4 tema.

Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. 

buku tematik guru kelas 2 semester 2

Tentang Buku Guru Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas II

Buku Panduan Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.

  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  4. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  5. Berbagai teknik penilaian siswa.
  6. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  7. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
  8. Petunjuk penggunaan buku siswa.

Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut.

  • Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti mengamati gambar, membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, pemecahan masalah, dan sebagainya.
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisir informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  • Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
  • Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  • Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  • Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  • Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Bagaimana Menggunakan Buku Guru?

Buku Panduan Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
  4. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menyanyikan lagu, menunjukkan gambar, dan sebagainya. Demikian juga pada saat menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap perpindahan subtema dan tema, menjadi faktor yang sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang diuraikan dalam buku ini.
  7. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Termasuk di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, siswa tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).
  8. Pilihlah beragam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya). Penggunaan beragam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan juga dapat melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  9. Kembangkanlah keterampilan berikut:

  • Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM),
  • Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi,
  • Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, serta
  • Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.

Download Buku Tematik Kelas 2 Semester 2  Revisi Terbaru

Buku Siswa Tematik Kelas 2 SD semester 2 Kurikulum 2013

  • Buku Siswa Tematik Kelas 2 Semester 2 Tema 5 Aku dan Sekolahku (DISINI)
  • Buku Siswa Tematik Kelas 2 Semester 2 Tema 6 Air Bumi dan Matahari (DISINI)
  • Buku Siswa Tematik Kelas 2 Semester 2 Tema 7 Merawat Hewan dan Tumbuhan (DISINI)
  • Buku Siswa Tematik Kelas 2 Semester 2 Tema 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan (DISINI)

Buku Guru Tematik Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013

  • Buku Guru Tematik Kelas 2 Semester 2 Tema 5 Aku dan Sekolahku (DISINI)
  • Buku Guru Tematik Kelas 2 Semester 2 Tema 6 Air Bumi dan Matahari (DISINI)
  • Buku Guru Tematik Kelas 2 Semester 2 Tema 7 Merawat Hewan dan Tumbuhan (DISINI)
  • Buku Guru Tematik Kelas 2 Semester 2 Tema 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan (DISINI)

Penutup

Silahkan bagikan file buku tematik Kelas 2 Semester 2  revisi 2018 terbaru tersebut kepada semua peserta didik. Semoga dengan hal kecil ini dapat membuat daya dan minat literasi peserta didik dapat meningkat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Administrator
Administrator Media Pendidikan Indonesia | Tempat berbagi media pembelajaran

Posting Komentar untuk "Buku Tematik Kelas 2 Semester 2 Revisi 2018 Terbaru"