Latihan Soal Ujian Sekolah IPA SD MI Sesuai Kisi Kisi USBN K13
Latihan Soal Ujian Sekolah IPA SD MI Sesuai Kisi Kisi USBN K13
Mediaedukasi.My.ID – Soal Ujian Sekolah IPA SD MI – Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) merupakan penilaian pembelajaran yang dilakukan pada akhir tahun pembelajaran kelas 6 jenjang SD MI. Hasil dari ujian sekolah tersebut menjadi pertimbangan kelulusan bagi peserta didik.
Latihan Soal Ujian Sekolah IPA SD |
Meskipun Ujian Nasional (UN) tahun 2021 ditiadakan berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021, namun salah satu syarat penentu kelulusan adalah ujian yang diselenggarakan oleh satuan Pendidikan masing-masing. Ini berarti masing-masing sekolah berhak menentukan jenis ujian yang diselenggarakan, bisa melalui portofolio tugas, Penugasan, Tes secara daring/luring, dan bentuk penilaian lainnya.
Untuk mengantisipasi apabila ada sekolah yang melaksanakan penilaian atau tes online, maka Media edukasi akan membagikan Latihan soal ujian sekolah IPA SD MI tahun 2021. Latihan soal ini bisa menjadi bahan persiapan peserta didik di rumah.
Dengan persiapan yang lebih matang, tentunya peserta didik dapat memperoleh nilai ujian yang maksimal pula. Soal Ujian Sekolah IPA SD MI berikut disusun berdasarkan Kisi kisi USBN paket 1.
Soal Ujian Sekolah IPA SD MI Tahun 2021
Penyusunan soal Ujian Sekolah SD MI untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan seluruh mata pelajaran harus tetap mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada tiap satuan pendidikan.
Berikut ini adalah contoh Soal Ujian Sekolah IPA SD MI Kurikulum 2013 tahun 2021
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d yang merupakan jawaban paling benar.
1. Perhatikan gambar rantai makanan dibawah ini!
Makhluk hidup yang tepat untuk melengkapi bagian yang bernomor (1), (2), dan (3) pada rantai makanan di atas adalah ….
A. (1) zooplankton, (2) hiu, (3) paus
B. (1) udang, (2) hiu, (3) zoopankton
C. (1) udang, (2) zooplankton, (3) hiu
D. (1) zooplankton, (2) udang, (3) burung elang
2. Anggrek hitam merupakan maskot flora provinsi Kalimantan Timur yang saat ini mengalami penurunan, tumbuhan ini terus dilestarikan dengan tujuan ….
A. melindungi dari kepunahan
B. dijadikan sebagai bahan obat
C. menjadikannya ciri khusus daerah
D. mendatangkan wisatawan mencanegara
3. Hubungan yang terjadi antara dua makhluk hidup pada gambar di bawah adalah .…
A. simbiosis komensalisme, karena kutu yang ada pada tubuh kerbau berkurang
B. simbiosis mutualisme, karena kerbau dan burung jalak sama-sama mendapatkan keuntungan
C. simbiosis parasitisme, karena burung jalak mendapatkan makanan dari tubuh kerbau yang berupa kutu
D. simbiosis komensalisme, karena burung jalak mendapatkan makanan dari tubuh kerbau yang berupa kutu
4. Tumbuhan pada gambar di bawah memiliki rongga udara di pangkal daun yang berguna untuk ….
A. menarik perhatian serangga
B. mempercepat proses penguapan
C. memudahkan mengapung di air
D. mempermudah memperoleh air dan zat hara
5. Perhatikan rantai makanan di bawah ini!
fitoplankton → zooplankton → ikan kecil → burung pelikan
Berdasarkan rantai makanan di atas pernyataan berikut yang benar adalah ….
A. zooplankton berperan sebagai konsumen` II, karena memakan langsung produsen
B. ikan kecil berperan sebagai konsumen III, karena dimakan langsung oleh burung pelikan
C. fitoplankton berperan sebagai produsen, karena merupakan sumber energi bagi zooplankton
D. burung pelikan berperan sebagai pengurai, karena merupakan organisme akhir dari rantai makanan
6. Tanaman kaktus hidup di lingkungan yang panas, kering, dan kurang air. Tanaman ini dapat hidup karena sudah beradaptasi dengan cara ....
A. daun kecil dan tebal untuk menyimpan kandungan air
B. batangnya tebal dan memiliki rongga udara
C. batangnya berlapis lilin dan memiliki duri
D. daun berbentuk duri untuk mengurangi penguapan
7. Perhatikan gambar rantai makanan di bawah ini!
Akibat yang terjadi jika populasi rusaa berkurang karena perburuan liar adalah .…
A. populasi serigala dan singa bertambah
B. populasi tumbuhan dan serigala berkurang
C. populasi singa bertambah dam jamur berkurang
D. populasi tumbuhan bertambah dan singa berkurang
8. Pantai Gianyar Bali dan pantai Indramayu tergerus oleh gelombang air laut secara terus-menerus, sehingga mengakibatkan wilayah pantai berkurang. Jika hal ini dibiarkan air laut akan menggenangi daerah-daerah yang dulunya dijadikan tempat bermain ataupun pemukinan penduduk.
Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah peristiwa tersebut adalah .…
A. merusak terumbu karang
B. menggali pasir pantai secara berlebihan
C. memancing ikan dengan pukat harimau
D. melakukan penanaman bakau di sepanjang pantai
9. Bagian yang ditunjuk huruf X pada gambar di bawah berfungsi untuk ….
A. mengetahui tekanan air
B. mengetahui letak makanan C. memudahkan gerakan di air D. menghirup geraka ikan di air
10. Rangka pada gambar di bawah berfungsi untuk .…
A. menguatkan dan menegakkan tubuh
B. melindungi organ reproduksi dan pernafasan
C. melindungi organ tubuh yang penting dan lunak
D. melindungi organ peredaran darah dan pencernaan
Dapatkan file lengkap soal Latihan ujian sekolah IPA SD MI tersebut melalui tautan berikut ini
Demikian informasi tentang Latihan soal Ujian Sekolah IPA SD MI tahun 2021 yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Latihan Soal Ujian Sekolah IPA SD MI Sesuai Kisi Kisi USBN K13"